Kamis, 22 Desember 2011

Tips Jitu Semangat dan Bahagia di Tempat Kerja

Assalamualaikum,, Selamat sore semuanya, minggu-minggu ini suasana kerja di tempat saya cukup menjenuhkan, rasanya ingin semangat ini kembali bangkit dan pulih seperti sewaktu kuliah dulu. pas saya cari di google saya dapat tips ini..ok yg berminat baca aja yaa..hehee.."ky jualan aje"


1. Jangan Menempatkan Diri Eksklusif. Kalau Anda merasa diri eksklusif dan tidak membuka hati untuk bergaul dengan lingkungan Anda, maka Anda akan terasing sendiri. Kalau Anda merasa tidak membutuhkan Anda, maka teman-teman kantor Anda juga tidak akan membutuhkan Anda.

2. Jalin Hubungan Manis Dengan Lingkungan. Berbaurlah dengan rekan-rekan di lingkungan Anda. Sebaiknya jangan hanya pada rekan-rekan divisi Anda, tetapi juga rekan dari divisi yang lain. Sekedar menyapa satpam, office boy (OB) dengan senym manis saja, sudah memberi cap bagus untuk Anda, bahwa Anda tipe pegawai yang ramah. Ini akan menguntungkan diri Anda saat Anda menghadapi satu masalah, mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

3. Miliki Rasa Humor. Serius dalam kerja perlu, tetapi saat berada di antara rekan-rekan di kantor, rasa humor diperlukan. Gampanglah Anda untuk diajak bercanda atau melontarkan candaan yang lucu namun tidak menyinggung perasaan orang lain. Dengan cara ini, keakraban yang manis akan terjalin dengan mudah.

4. Anggap Tugas Anda Sebagai Hobi. Tugas sehari-hari di kantor mungkin cukup berat, namun kalau hal ini Anda anggap sebagai hobi, maka tidak ada beban yang terasa berat dalam menjalaninya.

5. Santai Saat Break. Kerja tentu tak seharian penuh, pasti ada saat-saat instirahat. Nah, manfaatkanlah waktu ini untuk beristirahat sesuai waktu yang diberikan. Mengejar tugas selesai dengan mengorbankan waktu break untuk bekerja, hanya akan memunculkan rasa stres dan hasil kerja (yang mungkin) kurang maksimal. Jadi, manfaatkan saja waktu break Anda tersebut senyaman mungkin. Usai itu, Anda sudah harus ‘siap tempur’ kembali.

6. Putar Musik. Saat-saat kerja, tentu lebih menyenangkan kalau bisa menyetel musik. Kalau di ruangan Anda memang telah ada musik yang memang dipersiapkan oleh kantor Anda, ini tentu lebih menguntungkan. Musik akan membuat suasana nyaman saat bekerja, tetapi tentu saja kalau volumenya cukup nyaman dan tidak mengganggu ritme kerja Anda. Atau, Anda dapat memutarnya melalui earphone atau I-pod Anda, sehingga Anda tetap semangan saat bekerja.

7. Lakukan Stretching. Di sat-saat ada kesempatan, lakukan stretching sederhanan di meja Anda. Lengan, kaki, kepala, pinggang dan organ tubuh yna gmemungkinkan. Hal ini akan membuat tubuh Anda terasa sehat dan nyaman. Dengan tubuh yang tidak bermasalah, persaan Anda juga akan menjadi gembira.

8. Jangan Terpaku Di Meja Kerja. Bekerja bukan berarti Anda terpaku selama seharian penuh di kursimu. Ini akan membuat Anda bosan dan BT. Bawa diri Anda ke luar ruangan, ke restroomdan tempat yang memungkinan Anda berganti suasana sejenak.

9. Temukan Tempat Makan Dekat Kantor. Kalau Anda hobi makan, maka tempat makan dengan menu yang oke, bisa Anda cari di seputar tempat kerja Anda. Sebagai selingan saat makan siang bisa membantu Anda merasa સેનંગ.

10. Bekal Apel Hijau Ke Kantor. Menurut ahli gizi, Karen White R.D dari Research Foundation di Chicago yang meriset Smell & Taste Treatment di Chicago, aroma apel hijau mampu membangkitkan semangat serta meningkatkan energi secara instan. Bahkan ketika apel hijau tersebut disantap, nutrient yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan serotonin dalam otak. Serotonin adalah zat yang mempengaruhi rasa bahagia dan senang.

11. Warna Biru. Dalam bukunya yang berjudul What Color Of Your Personality, Carol Ritberger Ph.D, menyatakan bahwa dalam beberapa studi psikologis menunjukkan warna biru, akan langsung merasakan penurunan tingkat stres. Jadi, tak ada salahnya memasang gambar pemandangan yang berwarna biru, langit, gunung dan laut yang tenang. Meskipun hanya 5 menit menatapnya anmun tekanan darah yang tinggi akan merambat turun.

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar